Thursday, April 20, 2017

Jenis persahabatan dunia

*7 MACAM TINGKATAN PERSAHABATAN*

1. _*TAARUFFAN*_ adalah persahabatan yang terjalin karena pernah bertemu dan berkenalan kemudian terjalin persahabatan.

2. _*TAARIIHAN*_ adalah persahabatan yang terjalin karena faktor sejarah, misalnya teman sekampung, satu almamater, pernah kost bersama, diklat bersama dan sebagainya.

3. _*AHAMMIIYATAN*_ adalah persahabatan yang terjalin karena faktor kepentingan tertentu, seperti bisnis, politik, boleh jadi juga karena ada maunya dan sebagainya.

4. _*FARIIHAAN*_ adalah persahabatan yang terjalin karena faktor hobi, seperti teman futsal, badminton, tenis, berburu, memancing, dan sebagainya.

5. _*AMALAN*_ adalah persahabatan yang terjalin karena satu profesi, misalnya sama-sama dokter, guru, Pengacara dan sebagainya.

6. _*ADUWWAAN*_ adalah seolah sahabat tetapi musuh, di depan seolah baik tetapi sebenarnya hatinya penuh benci, menunggu, mengincar kejatuhan sahabatnya.

_“Bila engkau memperoleh nikmat, ia benci, bila engkau tertimpa musibah, ia senang” (QS 3:120),Rasulullah SAW mengajarkan doa, “Allahumma ya Allah selamatkanlah hamba dari sahabat yg bila melihat kebaikanku ia sembunyikan, tetapi bila melihat keburukanku ia sebarkan.”_

7. _*HUBBAAN LIMAANAN*_ adalah sebuah ikatan persahabatan lahir batin, tulus,saling cinta & sayang krn ALLAH SWT, saling menolong, menasehati, menutupi aib sahabatnya, memberi hadiah bahkan diam-diam dipenghujung malam, ia doakan sahabatnya, boleh jadi ia tidak bertemu tetapi ia cinta sahabatnya karena Allah Ta’ala.

Dari ke 7 macam persahabatan diatas,semuanya akan sirna kecuali hanya ikatan persahabatan yang ke 7, yaitu persahabatan yang dilakukan karena Allah (QS 49:10), _“Teman2 akrab pada hari itu (Qiyamat) menjadi musuh bagi yang lain, kecuali persahabatan karena Ketaqwaan” (QS 43:67)._

Di riwayatkan, bahwa : Apabila penghuni Surga telah masuk ke dalam Surga, lalu mereka tidak menemukan sahabat-sahabat mereka yang selalu bersama mereka dahulu di dunia, mereka bertanya tentang sahabat mereka itu kepada Allah SWT.

_"Yaa Rabb…Kami tidak melihat sahabat-sahabat kami yang sewaktu di Dunia, Shalat bersama kami, Puasa bersama kami dan berjuang bersama kami,"_ maka Allah SWT berfirman : _"Pergilah ke neraka, lalu keluarkan sahabatmu yang di hatinya ada Iman walaupun hanya sebesar dzarrah." (HR. Ibnul Mubarak dalam kitab "Az-Zuhd")_.

Al-Hasan Al-Bashri berkata:
_"Perbanyaklah Sahabat-sahabat Mu’min-mu, karena Mereka memiliki Syafa’at pada hari kiamat."_

Ibnul Jauzi pernah berpesan kepada Sahabat-sahabatnya sambil menangis : _"Jika kalian tidak menemukan aku nanti di surga bersama kalian, maka bertanyalah kepada Allah SWT tentang aku, "Wahai Rabb Kami.. Hamba-Mu fulan, sewaktu di dunia selalu mengingatkan kami tentang ENGKAU. Maka masukkanlah dia bersama kami di Surga-Mu._

_"Sahabatku...mudah-mudahan dengan ini, aku telah mengingatkanmu tentang janji Allah SWT agar aku dapat bersamamu kelak di Surga & meraih Ridho-NYA,Aamiin._

Aku memohon kepada-MU Ya Allah...
_"Karuniakanlah kepadaku sahabat-sahabat yang selalu mengajakku untuk tunduk, patuh & taat kepada Syariat-MU, dan kekalkanlah persahabatan kami hingga kami bertemu di syurga dengan-MU nanti,Aamiin ya rabbal'alamin.

*Semoga bermanfaat*

0 comments: